HARI KEDELAPAN, BARU 90 JAMAAH YANG MELUNASI BPIH

Rabu, 29 Mei 2013 16:36:23 - oleh : admin
HARI KEDELAPAN, BARU 90 JAMAAH YANG MELUNASI BPIH

SUARA PASURUAN - Pasca diumumkannya jadwal pelunasan BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) oleh Kementerian Agama Pusat beberapa waktu lalu, Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan gencar melakukan sosialisasi terhadap 1389 jamaah calon haji yang akan berangkat menunaikan rukun islam kelima tahun ini.

Hingga hari kedelapan, jumlah jamaah yang sudah melunasi terhitung sudah banyak, baik melalui KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) maupun Kementerian Agama langsung, tentunya lewat bank penerima setoran BPIH yang sudah ditunjuk oleh keduanya.

Menurut Bambang Hermanto, tercatat 90 jamaah yang baru melunasi BPIH lewat Kementerian Agama, sementara ratusan jamaah lain lebih memilih mempercayakan KBIH yang diikutinya.

"Yang jelas, kami sudah mensosialisasikannya melalui KUA-KUA di seluruh wilayah di kabupaten pasuruan. Kami himbau untuk jamaah lain, agar segera melunasi BPIH, karena memang pembayaran kali ini hanya satu tahap saja, yakni 22 mei-12 juni mendatang," ujar Bambang kepada Radio Suara Pasuruan, Rabu (29/05).

Diyakini Bambang, sisa jamaah yang belum melunasi BPIH biasanya akan dilakukan pada hari-hari terakhir, lantaran sudah menjadi tradisi yang melekat pada saat pelunasan.

"Kalau sudah di detik-detik terakhir pembayaran, di situlah akhirnya staf kami kelimpungan. Lebih baik di awal-awal pelunasan, karena tingkat kepadatan orang membayar tidak terlalu tinggi," katanya.

Sementara itu, saat ditanya perihal jamaah yang kemungkinan tidak dapat melunasi BPIH pada jadwal yang sudah ditentukan, Bambang menegaskan, pihaknya akan memberlakukan aturan Kementerian Agama Pusat, yakni akan memberikan kesempatan pelunasan sisa kuota kepada jamaah calon haji yang berangkat tahun berikutnys, khususnya berusia di atas 83 tahun.

"Tentu saja jamaaah yang tidak dapat melunasi BPIH, akan langsung masuk waiting list di tahun berikutnya. Sementara untuk kekosongan kursi jamaah, maka akan langsung kami berikan pada jamaah yang siap melunasi pada jadwal yang juga sudah ditentukan, yakni tanggal 18 juni sampai 26 juni mendatang" ucap Bambang. (EMIL)

 

Informasi "Berita SKPD" Lainnya