KUOTA JAMAAH CALON HAJI KABUPATEN PASURUAN SEBANYAK 1389

Selasa, 7 Mei 2013 15:01:15 - oleh : admin
KUOTA JAMAAH CALON HAJI KABUPATEN PASURUAN SEBANYAK 1389

SUARA PASURUAN - Tahun ini, Kementerian Agama Pusat memberikan kuota untuk jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Pasuruan sebanyak 1389 orang.

Dari jumlah tersebut, kementerian telah melakukan penambahan sebanyak 130 orang jamaah dari tahun lalu, dengan hanya memberangkatkan 1250 jamaah yang menunaikan rukun islam yang kelima tersebut.

Barnoto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan mengatakan, meningkatnya kuota jamaah asal kabupaten pasuruan tahun ini, bisa disebabkan karena semakin banyaknya warga masyarakat di Kabupaten Pasuruan, yang mendaftar untuk beribadah di rumah Alloh itu.

"Bayangkan saja, kalau mendaftar tahun ini, baru akan berangkat haji tahun 2025 atau 12 tahun lagi. Kalau untuk total masyarakat yang mendaftar kita masih melakukan pendataan. Yang jelas jumlahnya ribuan," ujar Barnoto kepada Radio Suara Pasuruan, Selasa (06/05).

Sampai sejauh ini, kementerian agama menurut Barnoto masih melengkapi tahap pempasporan, di mana hingga berita ini ditulis, sudah lebih dari 500 berkas jamaah calon haji yang sudah masuk di Kantor Imigrasi Malang.

"Untuk yang sudah punya paspor, maka kami sarankan untuk langsung berkomunikasi dengan kementerian agama kabupaten pasuruan, karena takut memiliki paspor ganda," pungkasnya.

Sementara itu, selain telah memberikan kuota, kementerian agama pusat juga sudah mengumumkan secara resmi, perihal BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) tahun ini.

Menurut Barnoto, sekalipun pihaknya masih menunggu Kepres (Keputusan Presiden), akan tetapi DPR RI sudah menyetujui besaran BPIH tahun ini, yakni senilai 3619 US Dollar atau kurang lebih sebesar Rp 35 juta rupiah.

"Yang jelas, kami himbau untuk seluruh jamaah yang berangkat tahun ini, untuk sedianya mempersiapkan kekurangan pembayaran, sekalipun jadwal pelunasan sendiri belum keluar dari kementerian agama pusat," imbuh Barnoto (EMIL)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya