SATLANTAS POLRES PASURUAN LAUNCHING ESQ RIDING

Rabu, 3 April 2013 14:41:28 - oleh : admin
SATLANTAS POLRES PASURUAN LAUNCHING ESQ RIDING

SUARA PASURUAN - Semakin tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Pasuruan yang disebabkan oleh faktor Human Error, memandang perlu adanya upaya untuk menekannya.

Jajaran Satlantas Polres Pasuruan, Rabu (04/04) melaunching ESQ Riding, sebagai salah satu persyaratan yang harus diikuti oleh seluruh pemohon SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Dalam formulasi baru satlantas tersebut, setiap pemohon yang sudah dinyatakan lulus tes tulis dan tes berkendara, tidak akan langsung mengikuti tahapan foto, melainkan

masuk ke ruangan ESQ Riding, untuk melihat tayangan video berdurasi 13 menit, yang menggambarkan banyaknya kecelakaan yang murni disebabkan faktor si pengendara itu sendiri.

Iptu Achmad Sukiyanto, Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pasuruan mengatakan, ide dilaunchingnya ESQ Riding tak lepas dari semakin tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Pasuruan yang meningkat hingga 90 % per tahunnya.

"Jumlah kendaraan semakin hari semakin banyak, sementara badan jalan juga tidak berubah. Banyak para pengendara yang kebut-kebutan di jalan. Padahal itu sangat riskan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan," ujar Achmad kepada Radio Suara Pasuruan.

Sementara itu, dengan dilaunchingnya ESQ Riding, besar harapan agar jumlah kucelakaan dapat ditekan hingga 50 %. Menurut Achmad, dengan tertib berlalu lintas, otomatis potensi kecelakaan juga dapat dihindari.

"Yang jelas kita mengarah pada pembenahan dari sisi emosional pengendara. Semoga setelah melihat tayangan ESQ Riding, pengendara tidak akan lagi ugal-ugalan dan kebut-kebutan di jalanan," ucapnya. (EMIL)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya